Oleh: Yuana Ryan Tresna

Sekolah Tahfizh Cianjur
Tarbiyatul Walidain

Banyak orangtua yang menyangka bahwa mereka sedang memperbaiki anak-anak mereka. Padahal sebenarnya mereka justru sedang merusak anak-anak mereka sendiri tanpa mereka sadari.

Banyak orangtua yang sibuk mencari materi tarbiyatul aulad (pendidikan anak) tapi jarang yang sibuk mencari materi tarbiyatul walidain (pendidikan kedua orangtua). Padahal yang pertama hanyalah cabang dari yang kedua. Pendidikan anak adalah cabang dari pendidikan orangtua. Kalau orangtua sukses menjadi orangtua yang baik, pasti mereka tidak akan kesulitan mendidik anak-anak mereka.

Kunci mendidik anak ada lima hal:

  1. Keikhlasan

Jangan sampai mendidik anak ditujukan untuk urusan duniawi. Mendidik anak tujuannya adalah untuk menunaikan amanah Allah yang akan kita pertanggungjawabkan kelak di akhirat.

  1. Keteladanan (uswah)

Mendidik anak bukan sekedar menyuruhnya untuk menjadi baik. Mendidik anak adalah kita menjadi contoh yang baik untuknya sehingga anak dengan mudah meniru kita tanpa kita suruh.

  1. Doa

Doa menunjukkan kepasrahan hati bahwa usaha kita mendidik anak selama ini tidak berarti apa-apa tanpa campur tangan Allah.

  1. Kesabaran

Mendidik butuh kesabaran. Sabar untuk tidak marah ketika anak melakukan kesalahan pertama kali. Sabar untuk mengulang-ulang pelajaran tentang kehidupan. Sabar untuk menggandeng tangan anak menuju masa depannya.

  1. Kasih Sayang

Pendidikan tanpa kasih sayang tidak mungkin berhasil. Justru yang akan terjadi adalah kegagalan dan penyesalan.

***

Al-Hasan Al-Bashri mengatakan:

“Kalau kamu melihat sesuatu yang kamu benci dari anakmu, maka segeralah hubungi Tuhanmu, karena sebenarnya itu adalah teguran buatmu.” (Ibnu Abid Dunya, At-Taubah)

Intinya, sebaik-baik cara adalah cara yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Semoga Allah menjadikan anak-anak kita sebagai penyejuk hati di dunia dan akhirat.

Jangan lupa kasih komentar ya!