FAQ

Apakah Qurani Kids School  itu?

SD Qurani Kids (Quki School) didirikan sebagai wujud pengabdian dan kepedulian terhadap masyarakat di bidang pendidikan. Quki School berlokasi di Jalan Otista III No. 10 Pamoyanan Cianjur dan dikelola oleh Sekolah Tahfizh Cianjur yang berkonsentrasi membentuk generasi ulama sehingga berfokus pada tahfizh Alquran, hadits dan pendalaman disiplin ilmu terhadap keduanya.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) jenjang SD dilaksanakan dari pukul 07.30 hingga pukul 14.30. Kegiatan pagi diisi dengan tahfizh, olahraga pagi dan salat duha. Jelang siang diisi dengan mata pelajaran umum yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Matematika, Geografi, Sains. Di siang hari KBM berupa salat zhuhur berjamaah, adab makan, dan berbagai tsaqofah Islam (hadits, fiqih, sirah nabawiyah, dan tarikh sahabat).

Target capaian tahfizh tingkat SD adalah minimal satu juz per tahun di tiga tahun pertama, dan satu juz per semester pada tiga tahun keduanya.

Quki School didirikan sebagai alternatif lembaga pendidikan bagi anak-anak yang telah memiliki dasar tahfizh di usia dini. Guna menjaga hafalan, dan bisa mengkhatamkan target hafalan 30 juz, mendalami disiplin ilmu terkait Alquran dan Hadits serta membentuk generasi ulama, maka anak-anak didik akan bersekolah dan bermukim di usia SMP.

Tim pengelola dan pengajar, In sya Allah, adalah tim yang telah berpengalaman di bidangnya dan memiliki kecintaan terhadap dunia pendidikan. Tim pun dengan terbuka mengajak siapa saja yang memiliki cita-cita yang sama untuk bergabung dan mendedikasikan diri.

Bagaimanakah Kurikulum yang Diajarkan?

Kurikulum Quki School adalah kurikulum yang digali dari Alquran dan Assunnah yang disesuaikan dengan fase usia dan tahap perkembangananak.

Mata Pelajaran Apa Saja yang Diberikan?

Sebagai realisasi dari kurikulum yang telah dirumuskan, mata pelajaran yang diajarkan adalah mata pelajaran yang disesuaikan dengan fase usia dan tahap perkembangan anak dan dipastikan tidak bertentangan dengan aqidah Islam.

Mata Pelajaran Utama (MPU) adalah Tahsin/Tajwid, Tahfizh, Fiqih, Hadits dan Bahasa Indonesia. Sementara Mata Pelajaran Penunjang (MPP) meliputi Matematika, Sains, Geografi, Tarikh dan Bahasa Arab.

Untuk pelajaran Bahasa Inggris mulai diajarkan di kelas 4 setelah anak terbiasa mengungkapkan pikiran dan perasaan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Mata pelajaran PKn diberikan dalam periode tertentu.

Bagaimanakah Program Kegiatannya?

Program Kegiatan Harian yang dilaksanakan di Quki School berupa KBM, Tahfizh dan Tahsin dari Senin-Jumat. Adapun kegiatan di rumah, siswa terkontrol dengan buku KHS (Kegiatan Harian Siswa).

Program Kegiatan Mingguan berupa kegiatan kepedulian terhadap lingkungan, seperti Gerakan Pungut Sampah (GPS).

Program Kegiatan Bulanan berupa Mabit dan Market Day (Saudagar Cilik), dan Tasmi’.

Program Kegiatan Semesteran, berupa event Karantina Tahsin sebagai program percepatan kemampuan tahsin. Selain itu ada juga event Tahfizh Camp sebagai kegiatan untuk melatih ketahanan fisik dan kemandirian yang di dalamnya tidak lepas dari program tahfizh.

Program Kegiatan Tahunan, di antaranya Wisuda Tahfizh dan Khatmul Quran.

Apa Target yang Hendak Dicapai oleh Quki School terhadap Siswanya?

Output Quki School adalah siswa berkepribadian Islam. Berakhlak mulia sebagaimana para penjaga Alquran; mahir membaca Alquran; hafal Alquran minimal 6 Juz; berwawasan dan menguasai berbagai bidang keilmuan sesuai tingkat usianya.

Apa Syarat Diterimanya Calon Siswa Quki School?

Syarat diterimanya calon siswa Quki School adalah anak sudah atau mendekati 7 tahun pada bulan Juli.

Selain itu ada komitmen orangtua untuk mendidik anak dan mau bersinergi dengan sekolah.

Seyogyanya anak tidak memiliki riwayat berkebutuhan khusus. Bila memiliki riwayat tersebut maka didiskusikan khusus dengan pihak sekolah.

Apakah Dikenakan Biaya Sekolah di Quki School?

Biaya sekolah akan diberitahukan setelah mengisi formulir.

Apakah Quki School Menerima Pindahan dari Sekolah Umum?

SD Qurani Kids menerima pindahan setelah melalui interview dan observasi. Usia maksimal calon siswa adalah usia kelas 3 SD serta tidak memiliki catatan kelakuan buruk dari sekolah sebelumnya.

Bisakah Lulusan Quki School Melanjutkan ke Sekolah Umum?

SD Qurani Kids menginduk juga ke Dinas Pendidikan sehingga lulusan berijazah negara.

Dalam Satu Kelas Terdiri dari Berapa Orang Siswa?

Demi tercapainya target sekolah, dalam satu kelas terdiri atas 15-20 orang.

Siswa Sekolah dari Jam Sampai Jam Berapa dan Setiap Hari Apa?

KBM dimulai sejak 07.30 hingga 14.30 atau hingga salat ashar berjemaah.

Apakah Ada Program Pengembangan Minat dan Bakat?

Quki School memfasilitasi beberapa program tertentu di antaranya olahraga bela diri, berenang dan memanah.

Apa Peran Orangtua agar Anak Mencapai Targetan yang Ditetapkan oleh Sekolah?

Quki School adalah sekolah yang mengadopsi konsep sinergi dengan orangtua. Segala media dan upaya untuk menjalin komunikasi dengan orangtua akan dioptimalkan.

Siswa akan dilengkapi dengan serangkaian buku catatan siswa untuk memantau perkembangan siswa setiap harinya. Mulai dari catatan tahfizh, catatan belajar mengaji, catatan kegiatan harian, dsb.

Orangtua juga akan menerima laporan dari wali kelas baik secara tertulis maupun lisan.

Dalam periode tertentu orang tua diminta untuk menghadiri event Parenting sebagai pengarahan klasikal terhadap orangtua ataupun diundang secara pribadi untuk berkonsultasi secara individual.

Apakah Quki School Menerapkan Sistem Boarding?

Bagi Ananda yang berusia 7 atau 9 tahun, akan dioptimalkan dengan tetap mukim bersama kedua orangtuanya. Sedangkan Ananda yang berusia >9 tahun, akan diberi kesempatan boarding dengan catatan telah matang emosi dan kemandiriannya.

Bagaimanakah Prosedur Teknis Pendaftaran di Quki School?

Mengisi formulir online, mengikuti observasi, interview, membayar biaya administrasi dan mengikuti program PPDB lainnya. Untuk info update seputar prosedur PPDB silakan klik quranikids.com/ppdb